Yamaha Indonesia, OX. Untuk mesin motor berkapasitas silinder di atas 500 cc, biasanya pabrikan menggunakan mesin empat silinder sebagai penyuplai tenaga. Konon selain lebih rendah getaran, mesin 4 silinder mampu meraih rpm lebih tinggi. Sementara Yamaha MT-09 yang mengadopsi kapasitas silinder 847 cc, jumlah silindernya hanya 3. Kenapa?
Menjawab pertanyaan tersebut, M Abidin, GM Service and Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, menjelaskan bahwa mesin tiga silinder tersebut untuk mengejar torsi, sesuai namanya, MT (Master of Torque)-09.
"Namanya kan MT atau Master of Torque, jadi memang 'ngejarnya' torsi. Agar sempurna, motor ini dilengkapi dengan berbagai teknologi anyar seperti YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang bagian manifoldnya bisa bergerak mengikuti sesuai kebutuhan mesin. Dan ditambah teknologi filosofinya crossplane yang diterapkan di motor M1," jelas Abidin disela-sela peluncuran MT-09 di Jakarta Fair 2015.
Masih menurut Abidin, Yamaha MT-09 ini memang didesain untuk master of torque dengan tenaga torsi yang sangat melimpah. "Jadi MT-09 ini memang didesain dengan torque yang melimpa. Bahkan gigi tiga saja MT-09 masih bisa wheelie," imbuh Abidin.
Disamping itu, Abidin juga menambahkan bahwa di Eropa memiliki regulasi average speeding atau kecepatan rata-rata yang membuat Yamaha menggunakan mesin tiga silinder untuk memperbesar torsi.
Meskipun dikepung dengan moge sejenis yang mengadopsi mesin empat silinder, Yamaha tetap pede dengan inovasi tersebut. "MT-09 ini lebih menjual torsi dan style yang berbeda kepada para bikers di Indonesia,.
Baca selelngkapnya disini Yamaha MT-09
Tag :
News

0 Komentar untuk "Yamaha MT-09 Gunakan Mesin 3 Silinder"